Adab Tidur Umat Muslim yang Rasulullah Contohkan dan Tiba-tiba Bangun Ada Doanya

- 12 Februari 2021, 16:29 WIB
Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur /Pexels/Andrea Piaquadio

 

Cianjurpedia.com – Tidur selain merupakan kebutuhan manusia juga merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah dan sebagai umat muslim mempunyai adab tidur yang dicontohkan Rasulullah.

Saat kondisi manusia lelah dan tidak  bersemangat, kemudian kita istirahat dengan Adab tidur yang baik ketika bangun dari tidur manusia kembali merasa segar bugar,dan timbul lagi semangat untuk bekerja atau aktivitas lainnya.

Semua itu anugerah dari Allah, adab tidur diterangkan dalam Firman Allah dalam surat Ar-Rum ayat 23 yang berbunyi, “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mau mendengar.”

Baca Juga: Etika Minum Seorang Muslim yang Dicontohkan Rasulullah

Saat tidur, kita tidak sadar apa yang akan menimpa kita, dan kita tidak akan mampu menolak apa yang akan membahayakan kita.

Oleh karena itu kita sebagai hamba-Nya wajar jika kita sebelum tidur patutnya kita berserah diri kepada Allah dan ketika bangun kita bersyukur kepada Allah atas Ni’mat dan anugerahnya yang begitu besar.

Adapun sebagai muslim sepatutnya untuk tidur kita bersandar apa yang dicontohkan Rasulullah seperti ditukil dari ‘Etika Hidup Seorang Muslim’ karya Aceng Zakaria adalah sebagai berikut;

Berdo’alah Saat mau tidur dan setelah bangun tidur

Doa saat mau tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah itu sesuai dengan hadist riwayat Bukhari yang berbunyi, Dari Hudzaifah r.a. berkata: Nabi SAW apabila tidur di malam hari beliau meletakan tangan kanan di bawah pipinya, kemudian berdo’a; Allahumma Bismika Amutu Wa Ahya (Ya Allah dengan menyebut nama-Mu aku mati dan hidup).

Halaman:

Editor: Sutrisno


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x