Contoh Soal PAT UKK Sekolah Dasar SD Kelas 5 Tema 8, Kunci Jawaban dan Latihan Soal PAT UKK Tahun 2022

- 6 Juni 2022, 08:13 WIB
Contoh Soal PAT UKK Sekolah Dasar SD Kelas 5 Tema 8, Kunci Jawaban dan Latihan Soal PAT UKK Tahun 2022
Contoh Soal PAT UKK Sekolah Dasar SD Kelas 5 Tema 8, Kunci Jawaban dan Latihan Soal PAT UKK Tahun 2022 /Pixabay.com/14995841


Cianjurpedia.com – Semangat belajar adik-adik. Berikut ini contoh soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) atau UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) kelas 5 SD/MI Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita”.

Artikel ini menyajikan contoh soal PAT/UKK kelas 5 SD/MI Tema 8 Kurikulum 2013 untuk menjadi panduan adik-adik dalam belajar.

Sekalipun sudah ada kunci jawaban semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika adik-adik terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya.

Adanya kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.

Baca Juga: Guru Sertifikasi Kesulitan Login Info GTK 2022, Berikut Ini Penyebab dan Solusinya

Sebagaimana yang dilansir Cianjurpedia.com dari berbagai sumber, berikut ini contoh soal PAT/UKK kelas 5 SD/MI tema 8 , Kurikulum 2013.
Soal Pilihan Ganda
1. Keragaman budaya bangsa yang muncul atas penyesuaian masyarakat terhadap kondisi lingkungan alam sekitarnya adalah…
a. Rumah adat
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Kesenian daerah
Jawaban: A

2. Bangsa Indonesia memiliki keragaman tari daerah, oleh karena itu bangsa Indonesia memiliki keragaman budaya yang berbentuk….
a. Rumah adat
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Kesenian daerah
Jawaban: D

3. Di dalam masyarakat Indonesia terdapat banyak kegiatan di dalam memenuhi kebutuhan sehari- hari yaitu pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, industry, dan jasa. Dengan adanya perbedaab dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari masyarakat Indonesia memiliki keragaman dalam bentuk…
a. Adat istiadat
b. Kebudayaan
c. Jenis usaha
d. Jenis pendapatan
Jawaban: C

4. Sikap yang timbul dengan adanya keragaman budaya di dalam masyarakat adalah…
a. Toleran
b. Mandiri
c. Percaya diri
d. Tanggung jawab
Jawaban: A

Teks bacaan soal no 5-8
Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan
Sejauh 15 Kilometer Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru,Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.
Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.
(Diolah dari sumber: nationalgeographic.co.id dengan perubahan)

Halaman:

Editor: Sutrisno


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x