Jangan Takut Vaksinasi COVID-19 Saat Puasa, Umat Muslim Harus Perhatikan Dua Hal Ini

- 8 April 2021, 18:51 WIB
Pemerintah tetap lanjutkan program vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan
Pemerintah tetap lanjutkan program vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan /covid19.go.id

Cianjurpedia.com – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan tetap melanjutkan program vaksinasi pada bulan suci Ramadhan. Hal tersebut berdasarkan Fatwa MUI nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 pada saat berpuasa.

Di dalam fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

Sehingga, sebagaimana disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid, pelaksanaan vaksinasi akan terus berlangsung selama bulan Ramadhan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa.

Baca Juga: Belajar Tatap Muka di Bandung akan Diputuskan Besok

Tidak ada persiapan khusus dari pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi di bulan Ramadhan. Yang penting yang harus diperhatikan sebelum vaksinasi saat berpuasa adalah istirahat cukup dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang.

Istirahat yang cukup dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang sebelum vaksinasi Covid-19
Istirahat yang cukup dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang sebelum vaksinasi Covid-19 covid19.go.id

“Untuk vaksinasi nya sendiri kita tetap lakukan di pagi hari sampai sore, mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari, asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadan,” kata dr. Nadia.

Selama bulan Ramadhan, vaksinasi tetap bisa berjalan baik bagi masyarakat muslim, maupun non muslim. Menurut Nadia, tidak ada yang membedakan proses vaksinasi dalam kondisi berpuasa atau tidak berpuasa.

Baca Juga: Petugas Gabungan Gagalkan Peredaran Sabu Seberat 50 Kg dan Ganja Seberat 194 Kg

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: covid19.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x