Memiliki Efikasi Tinggi, Pemerintah Akan Gunakan Vaksin Moderna untuk Booster Tenaga Kesehatan

- 10 Juli 2021, 08:43 WIB
BPOM Terbitkan Vaksin Moderna untuk Pengunaan Darurat Menyusul 4 Jenis Vaksin Lainnya
BPOM Terbitkan Vaksin Moderna untuk Pengunaan Darurat Menyusul 4 Jenis Vaksin Lainnya /covid.go.id


Cianjurpedia.com - Pemerintah berencana untuk melakukan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga khusus untuk 1,47 juta tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual pada Jumat 9 Juli 2021.

"Sesuai Arahan Bapak Presiden Jokowi, bahwa vaksinasi ketiga, booster untuk tenaga kesehatan ini juga akan segera diatur oleh Pak Menteri Kesehatan, oleh Kementerian Kesehatan,” kata Airlangga di Jakarta, Jumat (9/7/2021) sebagaimana dikutip dari laman Infopublik.id.


Baca Juga: Besok, Asrama Haji Resmi Menjadi RS Wisma Haji Khusus Pasien COVID-19

Vaksin dosis ketiga tersebut akan menjadi booster untuk nakes yang setiap harinya berhadapan langsung dengan ribuan pasien positif Corona agar lebih terlindungi secara maksimal.

Airlangga menyatakan, rencananya program vaksinasi ketiga akan dimulai pekan depan dan teknis pelaksanaannya akan diatur oleh Kementerian Kesehatan.

Hal senada disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual semalam.

Untuk vaksinasi dosis ketiga ini pemerintah akan menggunakan vaksin jenis Moderna yang telah mendapat izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2 Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Timeline Tujuh Tahap Kedatangan Vaksin Covid-19 di Indonesia, Amankan Ketersediaan Stok

Menurut Menkes Budi, vaksin Moderna dipilih setelah melalui diskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan BPOM.

Halaman:

Editor: Sutrisno


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x