Habbatussauda Disebut Dapat Mempercepat Pemulihan Pada Pasien Covid-19, Inilah 10 Manfaat Jintan Hitam

- 1 September 2021, 10:44 WIB
Ilustrasi habbatussauda yang kaya manfaat bagi kesehatan.
Ilustrasi habbatussauda yang kaya manfaat bagi kesehatan. /Pixabay/gokalpiscan

 

Cianjurpedia.com - Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, banyak masyarakat yang mulai melirik obat herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terkonfirmasi corona. Salah satu obat herbal yang dipilih adalah habbatussauda (jintan hitam).

Kandungan alami di dalam habbatussauda dinilai efektif untuk membuat tubuh tetap bugar dan fit. Selain itu, dilansir dari PMJ News, kombinasi madu dan habbatussauda juga terbukti efektif mempercepat proses pemulihan pada pasien Covid-19.

Efektivitas herbal yang sudah digunakan sejak ratusan tahun ini pun telah dibuktikan dengan studi in vitro yang dilakukan di Mesir.

Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Afifah K. Vardhani, M.Si, mengatakan hingga saat ini belum ada protokol pengobatan yang efektif dalam mengelola infeksi Covid-19.

Baca Juga: Sinopsis Rumah Kentang The Beginning Dibintangi Luna Maya Tayang 1 September  2021 Pukul 20.00 WIB di ANTV

Namun menurutnya, beberapa herbal seperti habbatussauda terbukti memiliki potensi terapeutik terhadap infeksi virus, sehingga dapat dipertimbangkan sebagai terapi tambahan pada pasien Covid-19.

"Habbatussauda mengandung senyawa aktif utama yaitu thymoquinone yang memiliki aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, anti mikroba, dan imunomodulator," ungkap dr. Afifah dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan studi in vitro di Mesir, thymoquinone pada habbatussauda menunjukkan aktivitas antivirus terhadap virus SARS-CoV-2, serta mampu menghambat replikasi virus," sambungnya.

Halaman:

Editor: Mayang Ayu Lestari

Sumber: PMJ News Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x