Cek Fakta: Benarkah Berjalan Kaki Lebih Cepat Bermanfaat Bagi Kesehatan Otak?

- 20 September 2022, 16:58 WIB
Ilustrasi jalan kaki
Ilustrasi jalan kaki /Pixabay/Fotorech

Cianjurpedia.com – Apakah kalian termasuk dalam golongan orang-orang yang gemar berjalan kaki? Berjalan kaki memang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi jika dilakukan di alam bebas.

Nah, ada kabar gembira untuk kalian yang gemar berjalan kaki. Selain bagus untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penurunan kognitif tubuh, rupanya berjalan kaki lebih cepat setiap hari memiliki manfaat yang lebih bagus lagi, oleh karenanya, mari kita cek faktanya bersama!

Menurut sebuah studi dalam JAMA Neurology, ketika berjalan dilakukan dengan langkah yang lebih cepat dapat memberikan kesehatan bagi otak.

Sebagaimana dilansir dari laman Insider, Selasa, 20 September 2022, hasil studi menunjukkan bahwa berjalan 10 ribu langkah sehari ideal untuk meningkatkan kesehatan, sementara berjalan kaki dengan langkah lebih cepat akan lebih bagus lagi untuk kesehatan otak.

Baca Juga: Cek Fakta! Jarang Ganti Bra Dapat Menyebabkan Gatal Pada Puting Payudara

Para peneliti dari University of Sydney melihat data dari 78.430 orang dewasa yang sebagian besar berkulit putih di Inggris, dengan rentang usia 40-70 tahun.

Para peneliti tersebut kemudian membandingkan jumlah langkah, kecepatan rata-rata, dan hasil kesehatan sekumpulan orang dewasa itu selama sekitar tujuh tahun.

Hasilnya, peneliti menemukan rata-rata risiko kematian dini pada peserta yang berjalan 2.000 langkah peserta per hari memiliki persentase 8-11 persen lebih rendah.

Sedangkan berjalan kaki 3.800 langkah sehari bermanfaat bagi kesehatan otak, seperti mengurangi risiko demensia hingga sebesar 25 persen.

Halaman:

Editor: Sutrisno


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x