Wajib Tahu! 4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Cegah Alzheimer

- 26 September 2022, 20:18 WIB
Ilustrasi penyintas Alzheimer.
Ilustrasi penyintas Alzheimer. /Pixabay/ANTARA


Cianjurpedia.com – Meski hingga kini belum ditemukan pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit alzheimer, rupanya ada sejumlah kebiasaan sederhana yang dapat mencegah penyakit ini.

Jadi, jangan hilang harapan, karena kita bisa mengurangi gejala alzheimer yang muncul sekaligus menghambat perkembangannya.

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah terus asah otak Anda, karena penyakit alzheimer berhubungan dengan penurunan daya ingat dan kemampuan otak.

Cobalah untuk rutin melakukan stimulasi otak atau aktivitas yang memberikan rangsangan pada otak guna membantu penderita alzheimer meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikirnya.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Berolahraga Selama 150 Menit Dalam Sepekan Dapat Turunkan Risiko Kematian?

Selain dapat membantu penderita alzheimer, kegiatan mengasah otak sederhana juga dapat mencegah seseorang terserang penyakit alzheimer.

Langsung saja, berikut adalah empat kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah alzheimer.

1. Bersosialisasi
Selain memperbanyak kegiatan yang mengasah otak atau menstimulasi pikiran seperti bermain musik, membaca, bermain catur, ataupun teka-teki silang, cobalah untuk bersosialisasi dengan banyak orang dan melakukan kegiatan sosial. Karena bersosialisasi juga bisa mencegah seseorang terkena penyakit alzheimer.

2. Rutin berolahraga
Selain menjaga kebugaran tubuh, rutin berolahraga juga berpengaruh bagi kesehatan otak. Selalu sempatkan diri Anda untuk melakukan olahraga ringan minimal 150 menit per minggu. Jaga fisik tetap aktif dengan berjalan kaki, bersepeda, berenang, bermain bulu tangkis, atau pun kegiatan fisik menyenangkan lainnya.

3. Jaga asupan nutrisi dan gizi seimbang
Mengonsumsi makanan sehat bernutrisi dengan gizi seimbang juga sama pentingnya dengan rutin berolahraga. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan nutrisi dan gizi yang cukup dan baik juga bisa menyehatkan otak.

Baca Juga: Cek Fakta: Menggunakan Media Sosial Secara Berlebihan Dapat Pengaruhi Kesehatan Mental

4. Stop merokok
Jika Anda adalah salah satu perokok, mulailah untuk berhenti merokok. Menghindari rokok dapat membantu organ tubuh termasuk otak Anda jadi lebih sehat dan jauh dari paparan racun dalam rokok sehingga tidak mudah terserang alzheimer.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: Siloam Hospital


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x