Cek Fakta, Alat Kontrasepsi Mempengaruhi Kenikmatan saat Berhubungan Intim

- 28 September 2022, 13:19 WIB
Ilustrasi alat kontrasepsi
Ilustrasi alat kontrasepsi /Pixabay/Anqa/


Cianjurpedia.com - Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia - Jakarta Raya dr Ulul Albab, SpOG mengulas pendapat pada pria yang mengatakan jika kondom bisa memberikan sensasi kenikmatan ketika berhubungan intim dengan pasangan.

Dr. Ulul membenarkan adanya pendapat ini. Akan tetapi, menurut dia, masalah letak kondom yang dapat mempengaruhi rasa sensasi saat pria dan pasangannya sedang melakukan hubungan intim seperti alat kontrasepsi lebih besar dari ukuran mr.P itu bisa membuat tersangkut di organ pasangan dan pemasangan kondom tidak sempurna.

“Sarannya, pilih kondom yang tepat. Perlu diingat, ada beberapa bahan-bahan kondom, bukan hanya lateks, tapi ada beberapa jenis yang lainnya,” ucap dr. Ulul melalui pesan yang dikutip dari Antara pada tanggal 28 September 2022.

Tidak hanya bahan saja yang perlu diperhatikan, akan tetapi tebal dan tipisnya kondom juga penting serta cara pemasangan alat kontrasepsi juga dapat berpengaruh pada kenikmatan melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Baca Juga: Ingin Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46? Jangan Bingung! Ikuti Syarat dan Caranya di Sini

Dr. Ulul juga memberikan masukan dari dua mitos yang terdengar dari orang-orang mengenai alat kontrasepsi, salah satunya kontrasepsi hormonal yang membuat rahim wanita kering sehingga tidak membuat kenikmatan saat berhubungan seks.

Dr. Ulul menjelaskan tidak ada kaitannya dengan kontrasepsi hormonal dan rahim menjadi kering.

Menurut dia, ada beberapa jenis kontrasepsi hormonal yang memberikan proteksi pada dinding rahim.

“Kemudian fungsi kontrasepsi hormonal cara kerjanya, salah satunya untuk mengentalkan serviks sehingga membuat sperma tidak bisa naik ke atas bertemu telur. Jadi tidak ada kaitannya dengan kenikmatan atau sensasi saat melakukan hubungan seksual,” ucap dia.

Mitos lainnya saat pemasangan kontrasepsi jenis IUD yang membuat rasa kurang nyaman pada suami saat berhubungan intim dengan istri.
Dr.Ulul memberikan penjelasan ada aturan khusus saat pemasangan IUD pada vagina wanita, seperti panjang pendeknya benang yang tertinggal di dalam rahim bisa berpengaruh pada kenyamanan suami.

“Makanya dengan pemasangan yang tepat, benang yang tidak terlalu panjang, jenis IUD yang dipilih cukup bagus, maka itu semua masalah kenyamanan bisa dihindarkan,” imbuhnya.

Dia mengatakan, sebenarnya pada saat menggunakan kontrasepsi itu aman dan nyaman maka suami dan pasangan tidak perlu khawatir ketika melakukan hubungan intim.

Baca Juga: Lakukan 12 Cara Ini Jika Pasangan Anda Ketahuan Selingkuh

“Justru dengan kontrasepsi harusnya tidak ada rasa khawatir untuk terjadi kehamilan sehingga berhubungan seksual jadi lebih maksimal dan lebih intim,” kata dr. Ulul.***

Sumber: Antara

Editor: Sutrisno


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x