Benarkan Dengan Meminum Air Dingin Bisa Membuat Badan Gemuk? Simak Penjelasannya

- 30 September 2022, 12:58 WIB
ilustrasi - Benarkan Dengan Meminum Air Dingin Bisa Membuat Badan Gemuk
ilustrasi - Benarkan Dengan Meminum Air Dingin Bisa Membuat Badan Gemuk /



Cianjurpedia.com – Benarkah dengan mengonsumsi air dingin dapat menyebabkan kegemukan, apakah hanya mitos atau fakta?

“Pasien saya juga pernah bilang “nih dok anak saya gimana mau turun berat bedanya orang minum es terus” gitu. Loh, ya tidak apa apa, asalkan nggak ditambah gula, sirup atau minuman manis lainnya,” ucap dokter spesialis ahli gizi klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, Sp. GK yang dikutip dari Antara pada tanggal 30 September.

Dr. Cindy lanjut menjelaskan jika air mineral yang tidak mempunyai kalori baik saat dingin maupun tidak. Maka, dengan minum air dingin tak bisa membuat kenaikan terhadap berat badan.

Mungkin sudah tak asing dengan perkataan mitos kesehatan yang beredar dari mulut ke mulut yang menyebutkan jika meminum air dingin bisa membuat kegemukan berat badan akibat bisa membekukan lapisan lemak di perut, akan tetapi itu semua hanya mitos saja.

Baca Juga: Cek Fakta: Pasien Penyakit Jantung di Indonesia Didominasi Pegawai Pemerintah

“Air putih itu tidak ada kalorinya. Kecuali sudah ditambahkan sirup, susu dan lain-lain. Maka, mitos jika dibilang air dingin bisa membuat badan menjadi gemuk,” ujarnya.

Selain itu, Cindy juga mengingatkan bagi orang yang sedang program diet agar memperhitungkan kalori yang dikonsumsi, karena masih banyak orang salah dalam proses diet tersebut.

Saat proses diet hanya mengkonsumsi jus buah, dr. Cindy menjelaskan jika kalori yang ada di dalam satu gelas jus mereka tidak ikut diperhitungkan dengan baik dari beberapa orang dan itu membuat diet pun tidak berhasil serta mampu menaikkan berat badan jadinya.

“Jadi gini, kalau mau diet yang menurunkan berat badan, itu yang harus kita pertimbangkan adalah kalorinya. Misalnya jus. Pasien saya bilang “ Dok aku makan buah tapi dalam bentuk jus”. Dia bilang sehari lima sampai enam gelas dan tidak pakai gula. Tapi kalorinya berapa?,” ucap dr. Cindy.

“Misalnya jus jeruk, satu gelas berapa jeruk yang dipakai? Tidak mungkin Cuma satu dong, karena kan airnya dikit banget. Jadi harus banyak jeruknya agar air jeruk murni bisa jadi banyak. Nah, satu jeruk kalau kecil lima puluh , yang besar seratus kalori. Hiung saja, dikalikan dengan jeruk yang dipakai jadi satu gelas,” tambah Cindy.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Gambar Pertama yang Anda Lihat Mengungkap Hal yang Paling Menarik dari Pasangan

Pola diet sehat sangat penting dipahami terlebih dahulu sebelum melakukannya, seperti menyeimbangkan jumlah kalori yang dikonsumsi dengan yang dikeluarkan.

Selain itu, diet yang sehat juga penting dilakukan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak serta aneka vitamin dan mineral.

Maka, dr. Cindy juga menyarankan agar berkonsultasi lebih dahulu pada ahli gizi jika ingin melakukan program diet yang sehat.*

Editor: Sutrisno


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x