Indonesia Menerima Tiga Juta Dosis Vaksin Moderna Siap Pakai dari Amerika Serikat

- 12 Juli 2021, 06:43 WIB
Vaksin Moderna tiba di Indonesia.
Vaksin Moderna tiba di Indonesia. /Instagram.com/@jokowi

Cianjurpedia.com – Pada Minggu 11 Juli 2021 siang, sebanyak tiga juta dosis vaksin Moderna siap pakai tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Vaksin ini merupakan kiriman dari perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Moderna Inc.

Vaksin tersebut akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga atau booster.

“Hari ini, Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, hubungan kerja sama internasional dari pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facility,” demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam siaran persnya secara virtual kemarin, sebagaimana dikutip dari laman PMJ News.

Baca Juga: Memiliki Efikasi Tinggi, Pemerintah Akan Gunakan Vaksin Moderna untuk Booster Tenaga Kesehatan

Dalam catatan Kementerian Luar Negeri, dengan tibanya vaksin Moderna, Indonesia telah mengamankan sejumlah 122.735.260 dosis vaksin, baik berupa bahan baku vaksin maupun vaksin siap pakai.

Adapun kedatangan vaksin Moderna tersebut merupakan tahap pertama yang diperoleh melalui kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dengan negara-negara lain, termasuk saat ini dengan pemerintah Amerika Serikat.

Sebelumnya, vaksin Moderna telah mendapat izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2 Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Chef Arnold Recook Nasi Goreng Waffle ala Kai EXO, Ternyata Gampang Banget Bikinnya!

Sebagaimana dikutip dari laman covid19.go.id, vaksin Moderna merupakan vaksin pertama yang menggunakan pengembangan platform mRNA. Vaksin ini merupakan bantuan dari Pemerintah Amerika yang disalurkan melalui skema COVAX facility.

Halaman:

Editor: Hanif Hafsari Chaeza


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x