Jaksa Antikorupsi Spanyol Aakan Ambil Alih Kasus Suap Wasit Barcelona

- 15 Maret 2023, 16:09 WIB
Jaksa Antikorupsi Spanyol Aakan Ambil Alih Kasus Suap Wasit Barcelona
Jaksa Antikorupsi Spanyol Aakan Ambil Alih Kasus Suap Wasit Barcelona /REUTERS/Albert Gea/

 

Cianjurpedia.com – Kantor kejaksaan antikorupsi Spanyol akan mengambil alih penyelidikan atas dugaan pembayaran yang dilakukan oleh Barcelona kepada perusahaan yang dimiliki oleh pejabat wasit senior dengan maksud untuk mempengaruhi hasil pertandingan, kata jaksa agung negara bagian pada hari Selasa.

Melansir dari Reuters, Jaksa Agung Negara Bagian Alvaro Garcia Ortiz memerintahkan agar kasus ini dipindahkan dari kantor jaksa penuntut umum karena sifat profil tinggi dari tuduhan yang dapat merupakan pelanggaran korupsi yang signifikan.

Pemerintah Spanyol dan Real Madrid telah bergabung dengan pengaduan yang diajukan pada hari Jumat oleh jaksa penuntut terhadap Barcelona dan dua mantan presiden klub LaLiga atas dugaan pembayaran lebih dari 7,3 juta euro ($ 7,83 juta) dari 2001 hingga 2018 kepada perusahaan yang dimiliki oleh Jose Maria Enriquez Negreira.

Baca Juga: Barcelona Terancam Sanksi Gegara Diduga Menyuap Wasit

Negreira adalah wakil presiden komite wasit Asosiasi Sepak Bola Spanyol dari 1993 hingga 2018 di bawah presiden saat itu Victoriano Sanchez Arminio.

Jaksa menuduh bahwa di bawah perjanjian rahasia dan "dengan imbalan uang", Negreira mendukung Barcelona "dalam keputusan yang diambil oleh wasit dalam pertandingan yang dimainkan oleh klub, serta dalam hasil kompetisi".

Seorang pejabat senior Barcelona mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa klub telah mengharapkan pengaduan jaksa penuntut dan menggambarkannya sebagai "tidak lebih dari hipotesis investigasi yang benar-benar awal".

Baca Juga: Hasil Liga Spanyol: Gol Tunggal Rapinha Bawa Barcelona Taklukkan Athletic Bilbao Di Kandang

Pejabat itu mengatakan klub "akan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan dengan segala cara yang diperlukan" dan "menegaskan kembali bahwa mereka tidak pernah membeli wasit atau mencoba mempengaruhi keputusan ofisial mana pun".

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x