Sejarah Piala Sudirman, Mengenang Bapak Bulu Tangkis Indonesia Melalui Turnamen Internasional Bergengsi

- 19 Mei 2023, 08:17 WIB
Ilustrasi Piala Sudirman. Sejarah Piala Sudirman, Mengenang Bapak Bulu Tangkis Indonesia Melalui Turnamen Internasional Bergengsi
Ilustrasi Piala Sudirman. Sejarah Piala Sudirman, Mengenang Bapak Bulu Tangkis Indonesia Melalui Turnamen Internasional Bergengsi /BWF

 

Cianjurpedia.com - Piala Sudirman merupakan turnamen badminton bergengsi yang banyak dinantikan para atlet dunia. Tahun ini, digelar selama delapan hari yaitu pada 14-21 Mei 2023, di Suzhou, China.

 

Jika melihat dari nama turnamennya, “Sudirman”, sangat Indonesia sekali. Lantas mengapa gelaran badminton bergengsi ini diberi nama PIala Sudirman? Cianjurpedia akan mengulas sedikit sejarahnya.

Dick Sudirman adalah seorang pemain sekaligus tokoh bulu tangkis Indonesia yang lahir pada 29 April 1922 dan wafat pada 10 Juni 1986, dalam usia 64 tahun. Beliau merupakan salah satu pendiri sekaligus presiden PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) selama 22 tahun, yaitu pada 1952-1963 dan 1967-1981.

Berkat perhatiannya terhadap bulu tangkis, Sudirman sangat dihormati di seluruh dunia sebagai administrator PBSI dan wakil presiden Federasi Bulutangkis Internasional atau IBF (sekarang BWF), pada tahun 1975. 

Teman lamanya yang merupakan wakil presiden PBSI, Suharso Suhandinata, menulis surat kepada Presiden IBF saat itu, Arthur Jones, mengenai kontribusi Sudirman selama hidupnya untuk dunia bulu tangkis.

Baca Juga: Jadwal Acara iNews Hari Ini, Jumat 19 Mei 2023, Live Piala Sudirman 2023 Perempat Final Indonesia vs China

Halaman:

Editor: Mayang Ayu Lestari

Sumber: BWF


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x