Sejarah Masjid Nabawi, Masjid Kedua yang Dibangun Nabi Muhammad SAW

- 17 Februari 2022, 19:15 WIB
Masjid Nabawi Madinah
Masjid Nabawi Madinah /Pixabay/Konevi//

Cianjurpedia.com - Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi, merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

Selain memiliki keistimewaan dan berbagai keutamaan, masjid yang berdiri tahun 622 M itu juga menjadi bagian dari sejarah panjang peradaban Islam.

Awalnya Masjid Nabawi merupakan ruang terbuka berbentuk bujur sangkar, berukuran panjang 70 hasta dan lebar 60 hasta atau sekitar 35×30 meter.

Baca Juga: Masjid-Masjid Bersejarah di Sekitar Nabawi, Erat Kaitannya Dengan Kisah Rasulullah dan Para Sahabat

Atapnya dibuat dari daun dan pelepah kurma, sebagian lainnya terbuka. Temboknya terbuat dari batu bata dan tanah liat yang dikeringkan.

Sementara itu, pilar-pilarnya terbuat dari kayu batang pohon kurma yang sederhana.

Saat itu di bagian selatan, terdapat pula Suffah, semacam ruang serbaguna yang biasanya dijadikan tempat singgah dan menginap sahabat nabi yang tidak memiliki rumah.

Sementara itu bilik tempat tinggal istri Nabi didirikan di bagian barat dinding masjid, sehingga dalam perkembangannya, perluasan masjid selalu ke arah timur.

Masjid Nabawi dibangun pada bulan Rabiul Awal, ketika Rosulullah SAW tiba di Madinah. Lokasinya berada di tempat unta tunggangan nabi yang menghentikan langkahnya ketika nabi mencari lahan untuk dijadikan rumah.

Halaman:

Editor: Fitrah Ardiansyah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x