Youssofa Moukoko Pecahkan Rekor Pemain Debutan Termuda yang Tampil di Liga Champions

- 9 Desember 2020, 19:38 WIB
Youssofa Moukoko -Borussia Dortmund
Youssofa Moukoko -Borussia Dortmund /twitter/squawka/



Cianjurpedia.com – Pertandingan Borussia Dortmund melawan Zenit St Petersburg  di Liga Champions Selasa malam tadi menjadi spesial bagi Moukoko. Pasalnya pemain yang mempunyai nama lengkap Youssofa Moukoko menjadi debutan pemain termuda yang pernah tampil di Liga Champion.

Dilansir dari laman livescores.com, selain itu  catatat lainnya Moukoko mencetak sejarah sebagai debutan termuda Liga Jerman Bundesliga saat meraih kemenangan 5-2 atas Hetha Belin pada 21 November. Pada pertandingan tersebut Moukoko tampil sebagai pengganti di menit ke-85 yang dilanjutkan dengan dua penampilan lainya dari bangku cadangan.

Terakhir debutnya saat ia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-58 pada pertandingan melawan Zenit St Petersburg  dengan kemenangan timnya 2-1.

Baca Juga: Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi: MU, Krasnodar, Club Brugge dan Dynamo Kiev Lanjut ke 32 Besar L

Saat ini usia Moukoko 16 tahun  18 hari , ia memecahkan rekor yang dipegang oleh Celestine Babayaro, yang berusia 16 tahun 87 hari saat bermain untuk Anderlecht melawan Steau Bucharest di penyisihan grup tahun 1994/1995.  Berikut daftar debutan pemain muda lainnya yang berlaga di Liga Champions sebelumnya seperti Rayan Cherki (Lyon) 16 tahun 102  hari, diikuti Alen Halilovic (Dinamo Zagreb) 16 tahun 128 hari dan Youri Tielemans (Anderlecht) 16 tahun 148 hari.

Daftar tersebut tidak termasuk pertandingan kualifiaksi Liga Champions, dimana Martin Oedegaard dari Stromsgodset mencatat rekor pada 15 tahun dan 212 hari pada Juli 2014.

Moukoko merupakan pemain prospek di akademi Dortmund setelah mampu sebagai rekor pencetak gol , termasuk 34 gol dari 20 pertandingan di divis yunior Bundesliga musim lalu. Pemain kelahiran Kamerun ini juga menjadi pencetak gol termuda saat berusia 14  tahun mewakili Jerman di UEFA Youth League pada bulan Oktober 2019.

Rekan setimnya Erling Haalad seperti yang dikutip dari ESPN mengatakan, “Saya pikir dia adalah pemain berbakat terbesar di dunia saat ini. “Enam belas tahun satu hari, itu luar biasa. Dia memiliki karier besar di depanya”,ujarnya.***

                                                                        

Editor: Sutrisno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah