Hasil EURO 2024: Kejutan Luar Biasa Tim Debutan Georgia Lolos Ke Babak 16 Usai Bungkam Portugal 2-0

- 27 Juni 2024, 05:44 WIB
Hasil EURO 2024: Kejutan Luar Biasa Tim Debutan Georgia Lolos Ke Babak 16 Usai Bungkam Portugal 2-0
Hasil EURO 2024: Kejutan Luar Biasa Tim Debutan Georgia Lolos Ke Babak 16 Usai Bungkam Portugal 2-0 /REUTERS/Leon Kuegeler/

Cianjurpedia.com – Georgia secara mengejutkan menaklukan Portugal 2-0 untuk lolos ke babak 16 besar untuk pertama kali demikian Hasi Euro 2024 pada laga pamungkas Grup F yang berlangsung di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, pada hari Kamis, 27 Juni 2024 dini hari WIB.

Dua kemenangan Georgia ke gawang mantan juara Eropa itu masing-masing dicetak lewat Khvicha Kvaratskhelia dan penalti Georges Mikautadze.

Kemenangan itu, meskipun melawan Portugal yang sebagian besar berada di urutan kedua yang telah berhasil masuk ke babak berikutnya, merupakan hasil terbesar bagi Georgia sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991.

Baca Juga: Hasi EURO 2024: Belgia Lolos Dengan Susah Payah, Ukraina Tersingkir

Setelah berada di urutan keempat yang mengecewakan dalam grup kualifikasi Euro mereka, Georgia harus mengambil jalan dengan memenangkan grup mereka di turnamen Euro Nations yang kurang  dan kemudian mengalahkan Yunani di babak play-off.

Tim asuhan Willy Sagnol, mantan bek Bayern Munich dan Prancis, dan timnya mengklaim tempat ketiga di Grup F turnamen dan mengatur pertemuan babak 16 besar dengan pemenang Euro tiga kali Spanyol.

Kemenangan Georgia juga berarti bahwa Inggris akan berbaris melawan Slovakia, Rumania menghadapi Belanda dan Portugal menghadapi Slovenia di babak 16 besar. Hongaria, yang telah bersaing untuk mendapatkan tempat di babak berikutnya, tersingkir.

Baca Juga: Hasil EURO 2024: Denmark Lolos Ke Babak 16 Besar, Serbia Tersingkir

Debutan turnamen memimpin pada menit kedua ketika Kvaratskhelia, pemain sayap Napoli, berlari menjauh setelah umpan ceroboh oleh Antonio Silva dan melepaskan tembakan rendah melewati Diogo Costa di gawang Portugal.

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah