Cek Fakta! Cincau Hijau Bisa Tingkatkan Kesehatan Pencernaan dan Obati Demam

- 16 September 2022, 14:17 WIB
Ilustrasi cincau hijau.
Ilustrasi cincau hijau. /Youtube hap nyam nyam


Cianjurpedia.com – Cincau hijau banyak digemari banyak orang mulai dari balita hingga orang tua, makanan ini tidak hanya enak saja dimulut akan tetapi mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

Selain diolah menjadi minuman yang sangat menyegarkan tenggorokan, manfaat cincau hijau tidak hanya dapat melepaskan dahaga ketika cuaca panas, tetapi banyak khasiat lainya yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

Cincau hijau mempunyai banyak kandungan yang bisa membantu mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh, meredakan peradangan dan lain-lain.

Cincau hijau adalah minuman yang terbuat dari daun cincau hijau yang secara botani Cyclea barbata L. Miers.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Lemak Perut Bisa Pengaruhi Fungsi Otak dan Menurunkan Tingkat Kecerdasan Seseorang?

Daun ini mengandung tanin yang bagus untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, selain itu daun cincau juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah berkhasiat.

Berikut manfaat cincau hijau yang baik bagi kesehatan tubuh.
1. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Cincau hijau mempunyai manfaat untuk tetap menjaga pencernaan agar bekerja semaksimal mungkin.

Kandungan senyawa gula di dalam minuman ini dapat melawan bakteri dan mengatasi sakit perut.

Daun cincau ini mengandung senyawa alkaloid dengan manfaat vitamin B dan vitamin C dan dapat mencegah terjadinya diare dan bisa membersihkan saluran pencernaan.

2. Mengobati Demam

Minuman cincau juga mengandung karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, cardioplegic, tentradin, kalsium, fosfor, vitamin A dan B serta mampu memberikan efek-efek anti demam, darah dan antitoksin.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Meningkatnya kadar gula Anda data menstabilkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung bisbenzilsokuinolin klorofil seperti cincau hijau.

Cincau hijau juga mampu menekan dan menstabilkan kadar gula darah yang naik, walaupun cincau hijau mempunyai manfaat Anda harus tetap mengontrol pola makan yang sehat dan membatasi asupan gula dari makanan yang dikonsumsi.

4. Mengatasi Gangguan Pada Lambung

Baca Juga: Cek Fakta! Seks yang Aman Bisa Menjaga Kesehatan Tubuh dari Berbagai Penyakit, Berikut Penjelasannya

Gangguan Pada Lambung bisa saja terjadi pada lapisan perut yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Pada saat mengalami sakit pada lambung, Anda dapat meredakannya dengan mengkonsumsi cincau hijau yang ada kandungan antioksidan dan vitamin C.

5. Menurunkan Berat Badan

Cincau hijau juga mampu menurunkan berat badan yang dimana cincau hijau mengandung vitamin A, B1, C dan kalsium phosphorus, serta karbohidrat akan tetapi rendah.

Cincau hijau selain enak juga dapat mengenyangkan dan cocok untuk menurunkan berat badan bisa disebut proses diet tinggi serat yang tidak menyebabkan Anda merasa lapar.*

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJNews


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x