Tips, Agar Cepat Hamil dan Mengoptimalkan Kualitas Sel Telur Pada Wanita

- 24 September 2022, 16:57 WIB
Tips, Agar Cepat Hamil dan Mengoptimalkan Kualitas Sel Telur Pada Wanita
Tips, Agar Cepat Hamil dan Mengoptimalkan Kualitas Sel Telur Pada Wanita /Cparks/Pixabay/


Cianjurpedia.com – Setiap wanita yang sudah menikah pasti ingin cepat mempunyai keturunan dan mengalami masa kehamilan juga tiap orang berbeda-beda.

Ada beberapa wanita yang cepat hamil dan juga perlu menunggu waktu yang lama agar segera diberi keturunan. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor seperti salah satunya adalah kualitas sel telur Anda.

Tanpa sel telur kehamilan tidak akan pernah terjadi pada seorang wanita. Sayangnya, dengan adanya kondisi yang dimana sel telur tak subur.

Ada juga beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kualitas sel telur agar semakin subur dan cepat diberikan keturunan pada pasangan suami-istri yang menanti kehadiran seorang anak ditengah-tengah mereka.

Baca Juga: Cek Fakta: Menggunakan Media Sosial Secara Berlebihan Dapat Pengaruhi Kesehatan Mental

Simak penjelasan berikut yang dikutip dari motherandbeyond, bagaimana cara agar memaksimalkan kualitas sel telur pada wanita.

1. Gaya Hidup Sehat

“Segala hal yang Anda lakukan bisa mempengaruhi sel telur Anda,” ucap Alice Domar, Ph.D., profesor bidang kandungan dan kebidanan di Harvard Medical School.

Anda perlu merubah cara pola hidup sehat secara keseluruhan agar meningkatkan potensi kesuburan.

"Saya mendorong pasien agar menjaga berat badan yang sehat, karena baik kekurangan maupun kelebihan berat badan dapat menurunkan kesempatan untuk hamil. Berolahraga, tapi jangan berlebihan, seperti yoga, Pilates, berjalan, jogging, atau strength training daripada berlari maraton atau CrossFit," ujar Lora Shahine, M.D., dokter kandungan dan kebidanan serta spesialis reproduksi di Pacific NW Fertility di Seattle, AS.

2. Hindari Rokok dan Alkohol

Sebaiknya Anda tidak boleh meminum alkohol untuk menghilangkan rasa stres pada diri sendiri, karena mengkonsumsi minuman keras bisa mengurangi potensi kehamilan pada wanita.

Menurut dr. Alice, rokok berupa racun bagi tubuh. “Nikotin bersifat racun bagi sel telur dan ada data mengatakan bahwa wanita yang merokok pada dasarnya menambah sepuluh tahun usia reproduksi mereka,” imbuh dr. Alice.

Disaat Anda sedang hamil, sebaiknya dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kafein, dr.Lora juga menyarankan agar menghindari rokok dan alkohol jika sedang ingin berusaha untuk cepat hamil.

3. Hindari Stres

Stres juga dapat menjadi faktor penyebab sel telur tidak berfungsi semaksimal mungkin.

“Anda tidak bisa mencegah stres, tapi sebagian orang bisa menciptakan bagaimana cara untuk mengatasinya, seperti meditasi atau olahraga ringan,” ucap dr. Lora.

Baca Juga: Cek Fakta, Biji Labu Bisa Meningkatkan Reproduksi Sperma

Cari cara untuk menghindari agar tidak terjadi stres, seperti pergi keluar bertemu dengan teman-teman, olahraga yang teratur, tidur yang cukup, memakan makanan yang bergizi dan terapkan hidup sehat dan bersih.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat harus dijaga dan seimbang jika diperlukan untuk diet. “Kecuali terdapat alasan medis Anda perlu menghindari makanan tertentu, Anda tak perlu stres tentang makanan yang perlu dimakan dan makanlah makanan sehat seperti yang ibu Anda berikan: buah dan sayur, biji-bijian, daging, susu dan produk olahannya, serta kacang-kacangan," imbuh dr. Alice.

"Hindari makanan olahan yang tinggi garam dan lemak jenuh," ucap dr. Lora.

Pola makanan yang sehat dan gizi yang cukup maka akan cepat membantu fungsi tubuh secara keseluruhan dan termasuk sel telur Anda.***

Sumber: motherandbeyond

Editor: Sutrisno

Sumber: motherandbeyond


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x