Italia Juara Euro 2020 Usai Menang Lewat Drama Adu Penalti Atas Inggris

- 12 Juli 2021, 11:35 WIB
Italia merayakan dengan trofi setelah memenangkan Euro 2020  partai Final antara Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris pada 11 Juli 2021
Italia merayakan dengan trofi setelah memenangkan Euro 2020 partai Final antara Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris pada 11 Juli 2021 /Pool via REUTERS/Michael Regan

Cianjurpedia.com – Italia berhasil menjuarai Euro 2020 menang lewat adu penalti 3-2 atas Inggris setelah pertandingan imbang 1-1 hingga babak tambahan pada laga final di Wembley pada hari Senin dini hari WIB.

Italia kembali menjadi juara Eropa setelah sejak tahun 1968 meraih gelar untuk pertama kalinya.

Kiper Gianluigi Donnarumma berhasil menahan dua tendangan pemain Inggris masing-masing Jadon Sancho dan Bukayo Saka dan satu tendangan lagi Marcus Rashford yang membentur tiang.

Sementara tiga penendang tim Azzurri berhasil menjalankan tugas masing-masing dicetak Federico Bernardeschi, Leonardo Bonucci dan Domenico Berardi, sedangkan Andrea Belotti gagal menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Pendukung Italia Tidak Diberi Izin Hadir di Final Euro 2020

Luke Shaw yang tidak terkawal membuat Inggris unggul lebih dulu lewat tendangan keras yang tidak mampu ditahan Donnarumma pada menit ke-2. Gol tersebut menjadi gol tercepat pada ajang Euro.

Memasuki babak kedua secara perlahan mampu mengendalikan permainan alhasil Italia mampu menyamakan kedudukan melalui Leonardo Bonucci pada menit ke-67.

Ini adalah final pertama yang diputuskan pada penalti sejak Cekoslowakia mengalahkan Jerman Barat pada tahun 1976 dan dirayakan secara liar di Italia setelah mereka kalah di final pada 2000 dan 2012.

Bagi pelatih Inggris Gareth Southgate, yang absen saat mereka kalah di semifinal Euro tahun 1996 di Jerman, itu adalah peristiwa yang adu penalti yang sangat menegangkan lainnya.

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x