Balance Bike Melatih Anak Bersepeda dan Bertualang

- 3 Januari 2021, 08:20 WIB
Anak usia dini lebih menyenangi balance bike
Anak usia dini lebih menyenangi balance bike /Cianjurpedia / Cecep M

Cianjurpedia.com – Balance bike atau push bike atau juga kick bike adalah sepeda roda dua untuk anak usia dini yang tidak menggunakan rantai. Sepeda ini bisa melatih anak bersepeda roda dua dan menjelajah daerah sekitar rumah.

Sepeda yang digerakkan oleh pemakainya tanpa ada pedal tapi sepeda ini hanya bisa digunakan oleha anak yang sudah bisa berjalan normal, karena kaki yang menggerakkan sepeda ini. Makanya tidak memakai penggerak roda.

Sepeda kecil ini konsep awalnya adalah untuk melatih keseimbangan bersepeda sebelum menggunakan sepeda roda dua yang umum dipakai anak-anak. Karena keseimbangan adalah teknik dasar bersepeda.

Baca Juga: Tim Mitigasi IDI Laporkan Nakes Meninggal Akibat Covid-19, Hingga Akhir Tahun Berjumlah 504

Manfaat balance bike bagi anak adalah;

Anak bisa bersepeda tanpa roda pembantu, jika anak dibiasakan memakai balance bike pada usia 2.5-3 tahun.

Melatih motorik kasar, bermanfaat untuk kaki dan tangan karena kaki dipakai untuk berdiri dan mendorong sedangkan tangan digunakan untuk memegang dan mengarahkan. Kekuatan otot dan motorik kasar akan cepat berkembang dan anak akan sangat senang melakukannya.

Melatih koordinasi otot dan otak, menyeimbangkan sepeda tentunya membutuhkan logika, otak akan memerintahkan tubuh untuk bergerak seimbang, juga bergerak dan mengerem yang dilakukan secara bersamaan adalah pengalaman yang luar biasa bagi anak dan tentunya ini sebagai latihan untuk otak dan otot.

Baca Juga: Real Madrid Berhasil di Puncak Klasemen Usai Tekuk Celta Vigo 2-0

Halaman:

Editor: Cecep Mahmud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x