Newcastle United Jadi Klub Inggris Terkaya Usai diambil Alih Konsorsium Arab Saudi

- 8 Oktober 2021, 18:26 WIB
Pemandangan umum di luar stadion St James 'Park Newcastle United - St James 'Park, Newcastle, Inggris - 7 Oktober
Pemandangan umum di luar stadion St James 'Park Newcastle United - St James 'Park, Newcastle, Inggris - 7 Oktober /Action Images via Reuters/ Lee Smith

Cianjurpedia.com – Newcastle United resmi diambil alih oleh konsorsium yang didukung Arab Saudi demikian dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis waktu setempat.

"Setelah selesainya Tes Pemilik dan Direktur Liga Premier, Newcastle United telah dijual ke konsorsium dengan segera," demikian pernyataan Liga Premier seperti dikutip Reuters.

Konsorsium ini mencakup dana kekayaan negara kerajaan senilai $ 430 miliar dolar US PIF, yang diketuai oleh putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, yang merupakan pusat rencana untuk mengubah ekonominya dengan menciptakan sektor-sektor baru dan mendiversifikasi pendapatan dari minyak.

Kelompok investasi, yang juga mencakup PCP Capital Partners dan Reuben Brothers, sebelumnya telah mengumumkan tawaran 305 juta pound atau Rp5,9 triliun (1 poundsterling = Rp19334,58) untuk membeli Newcastle United dari pengusaha Inggris Mike Ashley pada 9 April 2020.

Baca Juga: Debut Kedua Manis Bersama MU, Ronaldo: “Saya Sangat Gugup”

Namun, kesepakatan itu gagal pada Juli 2020 di tengah pengawasan dari Liga Premier, yang berada di bawah tekanan untuk menghentikan penjualan karena kekhawatiran atas dugaan pembajakan siaran di Arab Saudi.

"Liga Premier, Newcastle United Football Club dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan atas pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports &Media," tambah Liga Premier.

"Perselisihan hukum menyangkut entitas mana yang akan memiliki atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan klub setelah pengambilalihan,”ujar Liga Premier.

Baca Juga: Resmi Pindah ke MU Cristiano Ronaldo Mungkin Tidak Pakai Kaos No.7

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x