Tim Putri Turki Geser Amerika Serikat Jadi Nomor Satu Dunia FIVB

- 19 Juli 2023, 06:47 WIB
Tim Putri Turki Geser Amerika Serikat Jadi Nomor Satu Dunia FIVB
Tim Putri Turki Geser Amerika Serikat Jadi Nomor Satu Dunia FIVB /Instagram/@zehragns18/tangkapan layar/

Cianjurpedia.com – Turki akhirnya menjadi tim nomor satu baru di Peringkat Dunia Bola Voli Wanita FIVB menggeser Amerika Serikat usai meraih gelar bersejarah VNL 2023, Volleyball Nations League minggu lalu.

Dilansir volleyballworld, sebelum dimulainya VNL 2023 satu setengah bulan lalu, Turki berada di peringkat ketujuh dunia. Setelah minggu kompetisi pertama babak penyisihan, ketika mereka mencetak tiga kemenangan dalam empat pertandingan, mereka naik ke nomor enam.

Turki mempertahankan rasio menang-kalah yang sama selama dua minggu kompetisi berikutnya dan pada akhir Fase Penyisihan, mereka naik ke nomor lima, posisi awal mereka sebelum babak final minggu lalu di Arlington.

Baca Juga: Hasil VNL 2023 Putri: Turki Catat Sejarah Raih Gelar Juara Pertama Kali, China Tampil Antiklimaks

Tiga kemenangan besar di Amerika Serikat yang mengangkat mereka ke puncak klasemen akhir VNL 2023 membawa poin yang cukup untuk meroket empat posisi ke puncak Peringkat Dunia juga.

Penutupan perempat final dari juara VNL tahun lalu Italia sebenarnya datang dengan poin terbanyak untuk Turki karena itu adalah straight setter.

Turki mengumpulkan 11,59 poin dalam perjalanan ke semifinal, di mana mereka meraih kemenangan empat set atas tuan rumah AS untuk mengantongi 8,99 poin lainnya.

Akhirnya, kemenangan 3-1 atas China dalam pertandingan medali emas hari Minggu menambah 7,15 poin lagi menuju total baru 365,64.

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Volleyballworld.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x