Hasil VNL 2023 Putri: Turki Catat Sejarah Raih Gelar Juara Pertama Kali, China Tampil Antiklimaks

- 17 Juli 2023, 09:35 WIB
Hasil VNL 2023 Putri: Turki Catat Sejarah Raih Gelar Juara Pertama Kali, China Tampil Antiklimaks
Hasil VNL 2023 Putri: Turki Catat Sejarah Raih Gelar Juara Pertama Kali, China Tampil Antiklimaks /Instagram/@zehragns18/tangkapan layar/

Cianjurpedia.com -  Tim voli putri Turki akhirnya mencatatkan sejarah dengan menjadi juara VNL 2023 atau medali emas untuk pertama kalinya usai menaklukan wakil Asia, China yang tampil antiklimaks pada laga final Volleyball Nations League.

Laga final yang berlangsung pada Senin, 17 Juli 2023 dini hari WIB, di Arlington, Amerika Serikat, Eropa Turki mendominasi dan mampu membungkam perlawanan China dengan kemenangan 3-1 (25-22, 22-25, 25-19, 25-16) dalam pertandingan yang mengakhiri edisi kelima turnamen di College Park Center.

Turki yang saat ini dilatih pelatih kepala juara dunia tahun pertama Daniele Santarelli, pelatih yang sebelumnya membawa tim Amerika Serikat, yang memenangkan tiga edisi pertama VNL pada 2018, 2019 dan 2021, dan Italia, yang merebut gelar tahun lalu, dalam daftar eksklusif tim nasional wanita yang berhasil mengangkat trofi yang didambakan.

Hasilnya juga menandai kemenangan paling signifikan dari bola voli Turki yang pernah ada, menjadi gelar tingkat dunia pertama yang dimenangkan oleh negara tersebut.

Sebelum VNL 2023, Turki meraih medali perak dan perunggu yang dimenangkan di VNL masing-masing pada tahun 2018 dan 2021, dan medali perak yang diperoleh di Kejuaraan Eropa pada tahun 2003 dan 2019 sebagai hasil paling relevan di tingkat internasional.

Baca Juga: Hasil VNL 2023 Putri: Sah Turki Bertemu China Di Final, Mellisa Vargas Kembali Tampil Beringas

Turki menjadi tim terbaik ketiga di Fase Penyisihan VNL dengan sembilan kemenangan dalam 12 pertandingan, Turki mampu lebih meningkatkan permainan mereka di Final, ketika mereka dominan, mengalahkan juara bertahan Italia dengan melangkah ke perempat final dan meraih kemenangan atas  juara Olimpiade Amerika Serikat di semifinal menjelang pertemuan pertandingan medali emas mereka dengan China.

Tambahan baru untuk tim pada tahun 2023, opposite Melissa Vargas tak terbendung melawan China. Bintang berusia 23 tahun itu memimpin semua pencetak gol dengan 26 poin (21 pembunuhan, tiga ace, dua blok), tampil besar di saat-saat penting bagi Eropa.

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Volleyballworld.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x