Fakta Menarik Turnamen Badminton Denmark Open, Tunggal Putra Indonesia Belum Pernah Menang Sejak 2009

- 17 Oktober 2023, 09:00 WIB
Fakta Menarik Turnamen Badminton Denmark Open
Fakta Menarik Turnamen Badminton Denmark Open /Bwf Badminton

 

Cianjurpedia.com - Turnamen badminton Denmark Open 2023 akan berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark, pada 17-22 Oktober 2023. Pada tahun sebelumnya, Indonesia mengantongi satu gelar juara dan runner up.

Sebagai BWF Super 750, Denmark Open 2023 menjadi tantangan menarik bagi para pemain untuk mendapatkan poin kualifikasi Olimpiade yang penting dalam perlombaan menuju Paris 2024.

Pada tahun ini, Indonesia mengirimkan 14 wakilnya untuk bertanding di Denmark Open 2023. Salah satunya, ada juara bertahan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga: Sejumlah Pemain Unggulan Mundur dari Denmark Open 2023, Bintang Muda Carraggi akan Debut di BWF Super 750

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Super 750 VICTOR Denmark Open 2023, yang dikutip dari laman BWF hari ini, Selasa 17 Oktober 2023.

  • Ini adalah edisi pertama yang menampilkan juara bertahan dari kelima kategori sejak 2019.
  • Denmark adalah negara tersukses dengan total 138 gelar di lima disiplin ilmu.
  • Tuan rumah belum menyelesaikan penyisiran sejak tahun 1955. Tiongkok adalah negara terakhir yang melakukannya pada tahun 2014.
  • Tine Baun tetap menjadi juara tunggal putri lokal terakhir (2009).
  • Namun ganda putri adalah kategori yang paling lama dilalui Denmark tanpa kemenangan ( Helene Kirkegaard/Rikke Olsen pada tahun 2001).
  • Sebaliknya, Indonesia belum pernah bersulang juara tunggal putra sejak Simon Santoso pada 2009. Kali ini, ada dua unggulan yang akan bermain, Anthony Sinisuka Ginting (2) dan Jonatan Christie (5) memimpin.
  • Jika meraih kejayaan, unggulan teratas Chen Qing Chen / Jia Yi Fan akan menjadi pasangan putri Tiongkok pertama sejak Lin Ying / Guan Weizhen pada tahun 1989 yang meraih gelar berturut-turut.
  • Sementara itu, keberhasilan mempertahankan gelar bagi Zheng Si Wei / Huang Ya Qiong akan menjadikan mereka pasangan campuran tersukses kedua di turnamen abad ini setelah Joachim Fischer Nielsen / Christinna Pedersen (2008-2009, 2011, 2016). Zheng/Huang juga menjadi juara pada 2018.
  • Ma Jin menjadi orang terakhir yang meraih kemenangan di dua departemen pada edisi yang sama (ganda putri dan ganda campuran pada 2012). Seo Seung Jae yang diunggulkan di ganda putra dan ganda campuran bisa menirunya.
  • Di antara negara-negara bulutangkis tradisional, penantian Malaysia untuk menduduki podium adalah yang terlama – tujuh tahun sejak gelar ganda putra Goh V Shem / Tan Wee Kiong .
  • Satu-satunya negara yang menunggu juara perdananya di Denmark Open, tetapi memiliki unggulan masuk adalah Spanyol ( Carolina Marin ).
  • Mulai tahun 2009, hanya pasangan Tiongkok, Jepang, dan Korea yang menjadi juara ganda putri.
  • India belum pernah mengambil ganda putra . Petenis peringkat 1 dunia baru dan peraih medali emas Asian Games Satwiksairaj Rankireddy / Chirag Shetty menjadi unggulan ketiga di Odense.
  • Dengan kesuksesan ketiganya, Tai Tzu Ying akan menjadi pemain tunggal putri Asia dengan gelar terbanyak kedua setelah legenda Jepang Hiroe Yuki , yang kemenangan keempatnya terjadi pada tahun 1977.

Berdasarkan statistik, Tai adalah satu -satunya atlet dari China Taipei yang meraih kemenangan di tanah Denmark . Dia menang pada 2018 dan 2019.***

 

Editor: Mayang Ayu Lestari

Sumber: BWF


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x