Sepak Bola Jerman Berkabung Legenda Piala Dunia Franz Beckenbauer Tutup Usia

- 9 Januari 2024, 08:49 WIB
Sepak Bola Jerman Berkabung Legenda Piala Dunia Franz Beckenbauer Tutup Usia
Sepak Bola Jerman Berkabung Legenda Piala Dunia Franz Beckenbauer Tutup Usia /REUTERS/Tobias Schwarz/File Photo/

Cianjurpedia.com – Dunia sepak bola Jerman berkabung, pemain legenda Franz Beckenbauer dari salah satu pemain sepak bola terbesar yang menjadi kapten negaranya untuk kejayaan Piala Dunia 1974 telah tutup usia di usia 78 tahun.

Pemain yang juga sukses sebagai manajer pada tahun 1990 dikabarkan meninggal oleh keluarganya dalam sebuah pernyataan pada hari Senin waktu setempat.

Franz Beckenbauer menjadikan olahraga ini sebagai pemain, pelatih, cendekiawan dan administrator selama lebih dari setengah abad dan secara luas dikagumi secara global, dengan pesan simpati mengalir dari seluruh dunia pada hari Senin.

"Dengan kesedihan mendalam kami mengumumkan bahwa suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya," bunyi pernyataan dari keluarganya.

Baca Juga: Mario Zagallo, Legenda Sepak Bola Brasil Tutup Usia Di Umur 92 tahun

Sementara itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan pada X: "Pemenang Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih: Franz Beckenbauer adalah salah satu pemain sepak bola terbesar di Jerman dan bagi banyak 'der Kaiser' juga karena kegembiraan untuk Sepak Bola Jerman yang ia ciptakan selama beberapa generasi. Kami akan merindukannya. Pikiran saya bersama keluarga dan teman-temannya."

Beckenbauer adalah kehadiran yang berkelas dan dominan di lapangan untuk Jerman Barat dan Bayern Munich pada 1960-an dan 70-an, menggunakan ketenangan pada bola dan distribusi mudah yang menandai penampilan lini tengahnya untuk hampir menciptakan peran penyapu pertahanan pusat, atau 'libero' di mana ia menemukan sebagian besar kesuksesan.

"Dunia FC Bayern tidak lagi seperti dulu – tiba-tiba menjadi lebih gelap, lebih tenang, lebih miskin," kata klub itu dalam sebuah pernyataan.

"Juara rekor Jerman berduka karena kehilangan Franz Beckenbauer, 'Kaiser' unik yang tanpanya FC Bayern tidak akan menjadi klub seperti sekarang ini."

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x