Sapir Berman Wasit Sepak Bola Transgender Pertama di Liga Utama Israel

- 4 Mei 2021, 13:19 WIB
Sapir Berman, seorang wasit transgender Israel, gestur saat pertandingan sepak bola Liga Utama Israel antara Hapoel Haifa dan Beitar Jerusalem, di Stadion Sammy Ofer di Haifa, Israel 3 Mei 2021.
Sapir Berman, seorang wasit transgender Israel, gestur saat pertandingan sepak bola Liga Utama Israel antara Hapoel Haifa dan Beitar Jerusalem, di Stadion Sammy Ofer di Haifa, Israel 3 Mei 2021. /REUTERS/Ronen Zvulun

Cianjurpedia.com – Sapir Berman membuat sejarah olahraga dengan memimpin pertandingan sepak bola Liga Utama Israel sebagai transgender pada hari Senin waktu setempat.

"Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan yang panjang dan indah. Sapir, kami bangga melakukannya bersama Anda," cuit Asosiasi Sepak Bola Israel saat ia mengambil lapangan untuk laga antara Beitar Yerusalem dan Hapoel Haifa.

Pada konferensi berita Selasa lalu di mana dia secara terbuka mengumumkan transisinya, Berman, pada usia 26 sudah menjadi wasit top di liga sepak bola terkemuka Israel, mengatakan dia selalu melihat dirinya sebagai perempuan, bahkan pada usia muda.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa pemain sudah mulai menggunakan bentuk kata-kata feminin dalam bahasa Ibrani ketika berbicara dengannya.

Baca Juga: FA Resmi Lakukan Penyelidikan Peran Klub Inggris di Kasus Liga Super Eropa

Baca Juga: Jose Mourinho Sudah Dapat Pekerjaan Baru di Radio

"Mereka benar-benar merasa bahwa mereka ingin entah bagaimana mengambil bagian dalam proses ini dan bahkan berbicara dengan pria ketika itu tidak perlu dan berbicara kepada saya sebagai seorang wanita. Jadi terima kasih," kata Berman.

Di luar stadion di kota utara Haifa, seorang penggemar membawa spanduk yang memuji Berman sebagai "wanita super, luar biasa, berani".

Berman bukan wasit transgender pertama di dunia sepak bola. Seorang wasit sepak bola Inggris, Lucy Clark, keluar sebagai transgender pada 2018.***

Editor: Sutrisno

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x