Just Fontaine, Pemegang Rekor Gol Terbanyak World Cup Sepanjang Masa yang Harus Pensiun di Usia 28 Tahun

- 19 Desember 2022, 21:35 WIB
Just Fontaine. Kisah Yang Terlupakan dari Just Fontaine, Pencetak 13 Gol Dalam Satu Edisi Piala Dunia Hingga Pinjam Sepatu
Just Fontaine. Kisah Yang Terlupakan dari Just Fontaine, Pencetak 13 Gol Dalam Satu Edisi Piala Dunia Hingga Pinjam Sepatu /Fifa.com

 

Cianjurpedia.com - Kylian Mbappe menduduki puncak top skor pada World Cup 2022, ia pun mendapatkan penghargaan Sepatu Emas. Namun ternyata, pemain Prancis lainnya pernah mendapatkan prestasi yang sama, Just Fontaine.

Just Fontaine merupakan pencetak rekor gol terbanyak sepanjang masa hanya dalam satu gelaran World Cup. Pada tahun 1958, ia mencetak rekor gol terbanyak di Piala Dunia. 

Saat itu, via adalah pemain yang belum berpengalaman, bahkan Fontaine bermain sepak bola dengan sepasang sepatu pinjaman.

Rekor dibuat untuk dipecahkan. Namun, belum ada pencapaian lain yang cukup sempurna untuk mengalahkan rekor 13 gol Just Fontaine di World Cup 1958.

Baca Juga: Mbappe Top Skor World Cup 2022, Ungguli Messi dengan Selisih Satu Angka

Perjalanan Karier Fontaine

Walaupun bermain untuk Prancis, Fontaine tidak lahir negara tersebut. Ia lahir di Marrakesh, 18 Agustus 1933. Ibunya adalah orang Spanyol di Marrakesh yang kemudian jadi bagian dari Maroko Prancis.

Fontaine memulai karir klubnya dengan USM Casablanca pada tahun 1950-1953. Ia kemudian pindah ke OGC Nice di tahun 1953 dan mencetak 44 gol dalam tiga musim. 

Halaman:

Editor: Mayang Ayu Lestari

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x