Memakai Masker Kain Di Atas Masker Medis Mampu Memberi Proteksi Hingga 85,4 Persen

- 11 Juli 2021, 09:00 WIB
Kemenkes imbau masyarakat memakai masker ganda.
Kemenkes imbau masyarakat memakai masker ganda. /Tangkapan layar Twitter/@KemenkesRI.

Cianjurpedia.com - Memakai masker merupakan salah satu poin penting dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Pakailah masker dengan benar, yakni masker yang menutupi hidung, mulut sampai dagu dan rapat tanpa celah, serta pilih masker 3 lapis (3-ply) dengan bahan yang baik.

Sebagaimana disampaikan oleh para pakar kesehatan, menggunakan masker medis memiliki resiko penularan virus lebih kecil dibandingkan masker kain.

Baca Juga: Memiliki Efikasi Tinggi, Pemerintah Akan Gunakan Vaksin Moderna untuk Booster Tenaga Kesehatan

Namun demikian, seiring meluasnya penyebaran virus corona varian baru, sejak awal tahun 2021 pakar kesehatan termasuk Dr. Anthony Fauci dari CDC mulai mempertimbangkan anjuran pemakaian masker ganda untuk masyarakat.

Varian virus baru dianggap memiliki waktu yang lebih mudah untuk mengikat sel kita, jadi semakin banyak lapisan yang menutupi hidung dan mulut kita, semakin kecil kemungkinan kita terpapar partikel virus.

Untuk proteksi tambahan saat ini disarankan untuk menggunakan masker ganda (double mask), yakni masker sekali pakai untuk bagian dalam dan dilapis masker kain untuk bagian luar. Pemakaian dua masker diyakini dapat menciptakan perisai yang lebih kuat.

Baca Juga: Gegara Cemooh Lagu Kebangsaan Denmark dan Pakai Laser Inggris Didenda Rp516 juta

Sebagaimana dikutip dari laman kawalcovid19.id, sebuah studi yang dilakukan CDC menyimpulkan bahwa pemakaian masker kain di atas masker medis terbukti dapat menurunkan kemungkinan seseorang dari paparan virus Covid-19.

Halaman:

Editor: Hanif Hafsari Chaeza

Sumber: covid19.go.id kawal covid19


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x