Prestasi Indonesia yang Membanggakan di Ajang Olimpiade, Dimulai dari Helsinki 1952 Sampai Tokyo 2020

- 22 Juli 2021, 20:41 WIB
Logo Olimpiade. Prestasi Indonesia yang membanggakan di Ajang Olimpiade, Dimulai dari Helsinki 1952 sampai Olimpiade Tokyo 2020
Logo Olimpiade. Prestasi Indonesia yang membanggakan di Ajang Olimpiade, Dimulai dari Helsinki 1952 sampai Olimpiade Tokyo 2020 /Twitter/@Tokyo2020

 

Cianjurpedia.com - Olimpiade adalah ajang olahraga bergengsi di dunia yang digelar setiap empat tahun sekali. Indonesia menjadi salah satu negara yang telah berkontribusi di pesta olahraga ini sejak tahun 1952, di Helsinki.

Sayangnya di tahun-tahun pertama ikut Olimpiade, atlet-atlet terbaik bangsa belum bisa mempersembahkan medali sebagai prestasinya. 

Baru di tahun Olimpiade Seoul, 1988, atlet-atlet Indonesia mulai unjuk gigi. Ini dibuktikan dengan diraihnya satu medali perak melalui cabang olahraga panahan beregu putri. 

Atlet yang mempersembahkan medali pertama ini, yaitu Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani.

Baca Juga: Butuh Transfusi Darah, Ustad Yusuf Mansur Pilih Pendonor dari Penghafal Al-quran

Setelah meraih medali pertamanya di tahun 1988, secara konsisten atlet-atlet berbakat Indonesia tidak pernah absen meraih medali. 

Termasuk dari sekian banyak cabor yang diikuti, medali emas pertama Indonesia diraih pada cabor bulu tangkis oleh Susi Susanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra) di Olimpiade Barcelona 1992.

Kegemilangan Indonesia di cabang bulu tangkis terus berlanjut di Olimpiade-Olimpiade selanjutnya. Hingga Olimpiade 2016 di Brasil, bulu tangkis selalu menyumbang medali emas, kecuali pada Olimpiade 2012 di London, Inggris. Saat itu, Indonesia hanya meraih 1 perak dan 2 perunggu.

Halaman:

Editor: Mayang Ayu Lestari

Sumber: Wikipedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x