Manfaat Olahraga Panahan, Melatih Kekuatan dan Kesabaran Hingga Tingkatkan Percaya Diri

- 23 Juli 2021, 15:27 WIB
panahan olimpiade
panahan olimpiade /Kamsari/Dok. NOC Indonesia

Cianjurpedia.com - Panahan adalah satu cabang olahraga pada perhelatan Olimpiade Tokyo 2020. Olahraga ini merupakan salah satu cabang olahraga tradisional di Olimpiade.

Dikutip dari akun Twitter @BadmintonTalk, panahan telah dipertandingkan sejak edisi Olimpiade Paris 1900.

Namun, kompetisi dengan format terstruktur dengan aturan baku modern baru dimulai sejak Olimpiade Munich 1972 dan sejak itu pula Indonesia selalu mengirimkan perwakilan untuk bertanding.

Dalam sejarah olahraga Indonesia, medali Olimpiade Indonesia pertama kali diperoleh dari cabang olahraga panahan, tepatnya dalam Olimpiade Seoul 1988. Pada saat itu tiga srikandi Indonesia : Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani berhasil meraih medali perak.

Baca Juga: Atlet Panahan Putri Indonesia Diananda Choirunisa Lolos ke Babak Berikutnya, Hadapi Wakil Denmark Pekan Depan

Olahraga panahan membutuhkan ketelitian, kontrol, fokus, kemampuan fisik dan tekad. Untuk menjadi seorang atlet panahan papan atas dibutuhkan latihan keras, setiap hari dan berjam-jam.

Namun, olahraga panahan bisa menjadi rekreasi menyenangkan untuk semua orang. Panahan terbukti memiliki manfaat besar bagi kesehatan Anda. 

Sering dianggap sebagai olahraga yang tidak membuat tubuh banyak bergerak, memanah justru akan membuat Anda aktif, membakar kalori, dan membuat pikiran jadi lebih baik.

Berikut adalah manfaat memanah bagi tubuh, sebagaimana telah Cianjurpedia rangkum dari laman worldarchery.sport :

Halaman:

Editor: Hanif Hafsari Chaeza

Sumber: Dari berbagai sumber, PRMN, VIU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x