Jepang Tersingkir Dari Piala Asia 2023, Penalti Jahanbakhsh Bawa Iran Ke Semifinal

- 4 Februari 2024, 06:22 WIB
Jepang Tersingkir Dari Piala Asia 2023, Penalti Jahanbakhsh Bawa Iran Ke Semifinal
Jepang Tersingkir Dari Piala Asia 2023, Penalti Jahanbakhsh Bawa Iran Ke Semifinal /REUTERS/Thaier Al-Sudani/

Cianjurpedia.com – Iran menyingkirkan juara empat kali Jepang dari Piala Asia dengan kemenangan 2-1 dalam pertandingan perempat final mereka setelah kapten Alireza Jahanbakhsh mengonversi penalti di menit akhir di Education City Stadium pada Sabtu, 3 Februari 2024 dini hari WIB.

Dengan pertandingan perempat final Piala Asia 2023 Qatar antara dua tim peringkat teratas Asia terikat pada 1-1, Iran memenangkan penalti di menit keempat waktu tambahan dan Jahanbakhsh melangkah untuk meledakkan bola ke sudut atas, menarik raungan keras dari para penggemar Iran di arena.

Kemenangan itu juga membuat Iran membalas kekalahan semifinal 2019 mereka dari Jepang dan ketika peluit akhir ditiup, bangku cadangan Iran dikosongkan ke lapangan dan Jahanbakhsh yang emosional jatuh ke rumput dengan lega sementara banyak pemain menangis bahagia.

Baca Juga: Australia Tersingkir, Son Heung Min Jadi Inspirasi Korea Selatan Lolos Ke Semifinal Piala Asia 2023 Qatar

Iran, yang mencari gelar Piala Asia keempat yang menyamai rekor, belum pernah mengalahkan Jepang dalam 19 tahun sementara kemenangan mereka juga memperpanjang rekor tak terkalahkan Amir Ghalenoei menjadi 16 pertandingan sejak ia mengambil alih pada Maret.

Iran akan mengetahui lawan semifinal mereka pada hari Sabtu ketika juara bertahan Qatar menghadapi Uzbekistan. Yordania akan menghadapi Korea Selatan di semifinal lainnya.

Setelah awal yang cerdik untuk kontes fisik, Jepang telah memimpin melalui Hidemasa Morita yang berlari melewati empat bek sebelum mengalahkan Alireza Beiranvand di gawang untuk membungkam para penggemar Iran di stadion.

Baca Juga: Yordania Kubu Mimpi Tajikistan Melaju ke Semifinal Piala Asia 2023 Qatar

Tapi volumenya naik ketika Iran menyamakan kedudukan 10 menit memasuki babak kedua dengan gerakan luhur di mana Sardar Azmoun memainkan bola melalui Mohammad Mohebi, yang berlari di sekitar penandanya sebelum melepaskan tembakannya melewati Suzuki ke sudut bawah.

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x