Lewat Drama Adu Penalti Qatar Singkirkan Uzbekistan Bertemu Iran di Semifinal Piala Asia 2023

- 4 Februari 2024, 06:45 WIB
Lewat Drama Adu Penalti Qatar Singkirkan Uzbekistan Bertemu Iran di Semifinal Piala Asia 2023
Lewat Drama Adu Penalti Qatar Singkirkan Uzbekistan Bertemu Iran di Semifinal Piala Asia 2023 /REUTERS/Molly Darlington/

Cianjurpedia.com – Juara bertahan dan tuan rumah Qatar menyingkirkan Uzbekistan 3-2 melalui adu penalti di perempat final Piala Asia 2023 yang mendebarkan usai berakhir 1-1 setelah perpanjangan waktu di Stadion Al Bayt pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Reuters melaporkan hampir 59.000 penggemar yang hadir, kiper Qatar Meshaal Barsham mampu menyelamatkan tiga penalti dalam adu penalti sebelum Pedro Miguel mengonversi tendangan penalti yang menentukan untuk mengirim Qatar lolos ke semifinal sekali lagi.

Qatar telah memimpin lebih dulu setengah jam ketika kapten Hassan Al Haydos menggiring bola ke dalam kotak dan umpan silangnya yang dicoba mengambil defleksi yang melewati sarung tangan Utkir Yusupov ke gawangnya sendiri untuk turun sebagai gol bunuh diri.

Baca Juga: Jepang Tersingkir Dari Piala Asia 2023, Penalti Jahanbakhsh Bawa Iran Ke Semifinal

Tapi Uzbekistan tidak menyerah memiliki beberapa upaya ke gawang sampai menit ke-59 ketika Odiljon Hamrobekov berhasil melepaskan tembakan yang menyapu jari-jari Barsham di gawang sebelum menemukan jaring.

Tidak ada pihak yang bisa menemukan terobosan dalam 90 menit sementara Uzbekistan selamat dari reli akhir dari Qatar di perpanjangan waktu untuk memaksa penalti, di mana Uzbekistan Rustam Ashurmatov dan pencetak gol terbanyak Qatar 2019 Almoez Ali menyelamatkan upaya mereka.

Qatar memiliki hati mereka di mulut mereka ketika Al-Mahdi Ali Mukhtar melewatkan usahanya tetapi Barsham berubah menjadi penyelamat untuk menutup kemajuan mereka dan memberi tuan rumah malam yang tak terlupakan di padang pasir.

Baca Juga: Australia Tersingkir, Son Heung Min Jadi Inspirasi Korea Selatan Lolos Ke Semifinal Piala Asia 2023 Qatar

Sebelumnya pada hari Sabtu, Iran menyingkirkan juara empat kali dan tim peringkat teratas benua itu Jepang setelah kapten Alireza Jahanbakhsh mengonversi penalti di perpanjangan waktu babak kedua untuk memastikan kemenangan 2-1.***

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x