Barcelona, Real Madrid dan Juventus Tetap Lanjutkan Proyek Liga Super Eropa

- 31 Juli 2021, 10:45 WIB
Real Madrid, FC Barcelona, ​​dan Juventus Tetap Lanjutkan Proyek Liga Super Eropa Usai Terima Keputusan Pengadilan
Real Madrid, FC Barcelona, ​​dan Juventus Tetap Lanjutkan Proyek Liga Super Eropa Usai Terima Keputusan Pengadilan /futballnews

Cianjurpedia.com – Tiga klub besar Eropa, Real Madrid, Barcelona, dan Juventus memutuskan akan tetap melanjutkan proyek Liga Super Eropa usai keputusan pengadilan yang menyatakan UEFA harus membatalkan proses sanksi terhadap klub pendiri proyek tersebut.

Real Madrid, Barcelona, dan Juventus merilis pernyataan bersama untuk menyambut keputusan pengadilan Madrid pada hari Jumat dan  meminta UEFA untuk mencabut tindakan terhadap ketiga klub karena merencanakan proyek Liga Super.

Dilansir dari Reuters, Juventus, Barcelona, dan Real Madrid adalah tiga klub yang terakhir berdiri dari 12 klub yang mendaftar ke proyek Liga Super pada bulan April,  Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, Arsenal dan Tottenham Hotspur ditambah Inter Milan, AC Milan dan Atletico Madrid mengundurkan diri di tengah jalan karena mendapatkan kritikan.

Pengadilan Mercantile ke-17 Madrid memerintahkan agar semua hukuman keuangan dan olahraga terhadap anggota pendiri Liga Super dibatalkan.

Baca Juga: MU, Liverpool, Arsenal dan Tottenham Resmi Tinggalkan Liga Super Eropa Gabung Chelsea dan Manchester City

Selain itu pengadilan juga memutuskan pembatalan sanksi UEFA berupa denda hukuman ketidakpatuhan  sebesar 100 juta euro atau Rp.171 triliun (1 Euro=Rp17.135,58) bagi sembilan klub yang mundur dari proyek jika mereka bergabung kembali dengannya, karena mereka setuju dengan UEFA.

"Pengadilan mendukung permintaan yang dibuat oleh promotor Liga Super Eropa, menolak banding UEFA, dan menegaskan peringatannya kepada UEFA bahwa kegagalan untuk mematuhi putusannya akan mengakibatkan denda dan potensi tanggung jawab pidana," kata klub-klub itu.

"Kasus ini akan dinilai oleh Pengadilan Eropa di Luksemburg, yang akan meninjau posisi monopolistik UEFA atas sepak bola Eropa. Kami senang bahwa ke depan kami tidak lagi menjadi sasaran ancaman UEFA.”

Pengadilan juga memerintahkan agar UEFA meminta agar Liga Premier dan Federasi Sepak Bola Italia membatalkan semua langkah yang diambil terhadap klub-klub dari liga mereka.

Halaman:

Editor: Nugraha Ramdhani

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x